Kodim 0818-Acara sosialisasi Pendaftaran Tanah Sistematik Lengkap (PTSL) Tahun 2019 oleh Badan Pertanahan Nasional (BPN) Malang bertempat di Balai Desa Karangrejo Kec. Kromengan Kab. Malang, yang dihadiri kurang lebih 200 orang, pada hari Rabu (23/01/19).

Sambutan dari Danposramil 0818/35 Kromengan pada Sosialisasi
PTSL Tahun 2019 oleh BPN Malang di Desa Karangrejo Kromengan

Bpk. Rahmadi dari Perwakilan BPN Malang dalam sambutannya mengatakan bahwa ” Pembuatan sertifikat tanah program PTSL tidak dipungut biaya, jadi saya berharap bagi masyarakat yang tanahnya belum bersertifikat bisa mengurus ke kantor BPN, karena Malang sendiri pada tahun 2019 menargetkan program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) sebanyak 10.000 sertifikat tanah, ” ujarnya.

BPN Malang sangat mengharapkan dukungan dan partisipasi baik pemerintah daerah, perangkat desa/ kelurahan serta masyarakat di berbagai kampung terkait dengan program PTSL, tambah Ramhadi,

Acara Sosialisasi Pendaftaran Tanah Sistematik Lengkap (PTSL) Tahun 2019 oleh Badan Pertanahan Nasional (BPN) Malang di Desa Karangrejo Kromengan

Bpk. Zainuri dari perwakilan Inspektorat Jenderal Kementrian Agraria dan Tata Ruang Republik Indonesia (Irjen ATR RI) menyampaikan bahwa ” Kebijakan pemerintah memberikan sertifikat gratis pada PTS, untuk memberikan kemudahan bagi warga Malang khususnya di Kec. Kromengan dalam mendapatkan pengakuan hak kepemlikan tanah yang sah dan legal. Jika pada tahun-tahun sebelumnya program ini dikenal dengan nama Prona, tapi saat ini dikenal dengan PTSL, ujarnya.

” Beda dengan PTSL yang mengidentifikasi dan melakukan pengukuran secara menyeluruh. Jadi jika satu kampung dijadikan lokasi PTSL maka akan kami data dan ukur semua bidang-bidang tanah di kampung bersangkutan,” pungkasnya.

Di tempat terpisah Danposramil 0818/ 35 Kromengan Peltu Sudi Asmoro menyampaikan bahwa ” Kegiatan Sosialisasi Pendaftaran Tanah Sistematik Lengkap (PTSL) Tahun 2019 oleh Badan Pertanahan Nasional (BPN) Malang yang berlangsung pada hari ini di Desa Karangrejo ini diakui sangat membantu dan memudahkan warga Desa Karangrejo dalam Pengurusan Kepemilikan Tanah agar menjadi Legal dan Sah di dalam Hukum, ” ujarnya.

Kades Karangrejo menyampaikan dalam sambutannya untuk mengajak sekaligus menghimbau masyarakat yang ingin mengurus sertifikat tanah melalui program PTSL dapat menghubungi pemerintah kampung serta Badan Pertanahan Nasional dengan melengkapi kartu tanda penduduk (KTP), kartu keluarga dan surat keterangan tanah,” ujar
Bpk. Sutaji.

Kegiatan tersebut dihadiri antara lain Bpk. Rahmadi dari perwakilan BPN Malang, Bpk. Zainuri dari perwakilan Inspektorat Jenderal Kementrian Agraria dan Tata Ruang Republik Indonesia (Irjen ATR RI), Bpk. Edi dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kab. Malang, Bpk. Joanico, S.Sos, MM Camat Kromengan, Peltu Sido Asmoro Danposramil 0818/ 35 Kromengan, Bripka Didin mewakili Kapolsek Kromengan, Bpk. Sutaji Kades Karangrejo, Perangkat Desa Karangrejo, serta Masyarakat Desa Karangrejo.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here