Kodim 0818-Babinsa Koramil 0818/ 06 Sumberpucung Pelda Jaenuri mendampingi Danramil 0818/ 06 Sumberpucung Kapten Inf Sapardi dalam kunjungan kerja Tim Wasev Rutilahu TA. 2019 dari Kodam V/ Brw ke jajaran Kodim 0818/ Wil. Kab. Malang-Batu Tim yang di pimpin oleh Kolonel Arh Wahyu dan Letkol Arh M. Satari bersama Kasdim 0818 Mayor Inf Teguh Prastowo, Pasi Teritorial Kapten Arh Jumawi dan rombongan dalam rangka peninjauan ke Lokasi Rutilahu (Rumah Tinggal Layak Huni) di seluruh lokasi Kecamatan di Kab. Malang, dalam kunjungan resminya untuk meninjau pelaksanaan Rutilahu di jajaran Koramil Kodim 0818/ Wil. Kab. Malang-Batu yang merupakan Program Kerjasama antara Pemda Provinsi Jatim dengan Kodam V/ Brw, Sabtu (30/11/19).

bedah rumah
Kunjungan Tim Wasev ke lokasi Rutulahu

Dalam Kunjungannya di Lokasi Rutilahu milik bapak Sis Adi Rundiyono (78thn) pekerjaan Buruh tani yang berdomisili di jalan Sawo 34 Rt. 04/ 01 Desa Karangkates Kec. Sumberpucung Kab. Malang yang mana berdekatan dengan cagar Budaya milik Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur dibawah naungan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) di bidang pelestarian cagar budaya yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Direktur Jenderal Kebudayaan Nasional yang berpusat di Jakarta, Bertempat di sebuah pohon beringin rimbun dan tinggi menjulang yang di bawahnya terdapat bangunan mirip pendopo kecil dikelilingi tembok setinggi dada orang dewasa, Bangunan tersebut melindungi sebuah Arca Ganesha Bhairawa yang tampak kokoh berdiri.

Tempat Lokasi Arca Ganesha berdiri

Berada di Desa Karangkates, Kecamatan Sumberpucung, Kabupaten Malang, lokasi Arca Ganesha itu tidak jauh dari pintu masuk Bendungan Karangkates atau Waduk Sutami. Arca Ganesha Karangkates merupakan salah satu situs bersejarah peninggalan Kerajaan Singasari yang konon di keramatkan dan punya cerita mistis oleh warga setempat dan bagi pemeluk agama Hindu. Warga desa juga kerap menyebut situs ini dengan nama ” Mbah Gajah”. Nama itu merujuk pada sosok Ganesha yang juga dewa dalam kepercayaan Hindu, dan lokasi tersebut berada tidak jauh dari rumah Bapak Sis Adi Rundiyono yang dijadikan sasaran Rutilahu oleh Koramil 0818/ 06 Sumberpucung.

Ketua Tim Wasev Rutilahu TA. 2019 Kodam V/ Brw Kolonel Arh Wahyu menyampaikan ” Menjadi suatu kebanggaan bagi jajaran Kodim 0818 yang lokasi Rutilahunya berdekatan dengan lokasi Cagar Budaya, yang mana sebuah Pura Dewa Ganesha yang hingga kini masih digunakan sebagai tempat beribadah bagi umat Hindu dharma di wilayah Kec. Sumberpucung Kab. Malang, ” ungkapnya.

Kunjungan
Ketua Tim Wasev Rutilahu tinjau lokasi Rutilahu milik pak Sis Adi Rundiyono

” Saya menghimbau kepada seluruh warga khususnya pemeluk agama Hindu dapat menjaga dan melestarikan cagar budaya ini serta merawatnya untuk Kelestarian budaya warisan dari kerajaan Shingosari yang menjadi Icon Warga Arema,” imbuhnya.

Babinsa Koramil 0818/ 06 Sumberpucung Desa Karangkates Pelda Jainuri mengatakan ” Bangga menjadi Babinsa Desa Karangkates yang memiliki Situs Cagar Budaya Arca Ganesha yang dilindungi oleh Negara melalui Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur dibawah naungan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), yang mana Pondok kecil yang berisikan Arca Ganesha tersebut masih digunakan oleh Pemeluk agama Hindu dalam beribadah pada hari-hari tertentu menjadikan lokasi tersebut menjadi ramai saat perayaan umat Hindu dan menjadikan destinasi budaya sebagai bagian dari sejarah besarnya Kerajaan Shingosari di bumi arema ini, ” ujar Babinsa.

Keberadaan Situs cagar budaya yang berada di wilayah Binaan Babinsa Desa Karangkates

” Diharapkan dengan adanya Program Rutilahu di dekat lokasi Cagar Budaya ini akan menjadikan warga setempat menjadi lebih sejahtera dan mendapat keberkahan dalam mendukung Destinasi Wisata Religius di wilayah Kab. Malang yang notabene termasuk bagian dari kerajaan Shingosari yang terkenal sampai ke pelosok negeri dan Nusantara, ” pungkasnya.

Peninjauan lokasi Cagar budaya tersebut menjadikan point tersendiri bagi Tim Wasev Rutilahu tersebut untuk turut mengenalkan lokasi tersebut menjadi bagian Destinasi Budaya Religius di wilayah Kab. Malang pada umumnya kepada masyarakat umum dijawatimur. (Pendim 0818)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here