Babinsa Desa  Sumbermanjing Kulon Koramil 0818/10 Pagak Serma Andik Harsono pada hari Rabu, tanggal 24 Oktober 2018 pkl 10.00 Wib melaksanakan pendampingan warganya ibu Asti Wulandari usia 53 Tahun yang mengalami gangguan jiwa yang akan dievakuasi ke RSJ Dr. Radjiman Sumber Porong Lawang.

Dalam pelaksanaan evakuasi di samping Babinsa, Bimaspol, petugas dari Puskesmas Sumakul dan perangkat desa Sumakul turut pula keluarga mendampingi dan mengantarkan pasien an Asti Wulandari usia 53 Tahun tujuan menuju RSJ Dr. Radjiman Sumber Porong Lawang.

koramil pagak
pendampingan Babinsa dan Bhbinkamtibmas Pagak

Sebelum dievakuasi, bapak Saiful dari perwakilan Puskesmas Sumakul yang membidangi Pengelola Program jiwa terlebih dahulu berkoordinasi dengan fihak keluarga dan pemeriksaan pasien sebelum mengevakuasi pasien ke RS Jiwa Lawang, Hal ini dilakukan sebagai pembelajaran kepada masyarakat yang memiliki keluarga mengalami gangguan jiwa agar melaporkan kepada pihak yang berwajib agar mendapat pendampingan dan pengobatan melalui RS Jiwa agar tidak terjadi pemasungan lagi di lingkungan keluarga namun di obati sehinga diharapkan dapat sembuh dari gangguan jiwa

Hasilnya keluarga menyetujui untuk di kirim ke RS Jiwa dan benar bahwa yang bersangkutan benar–benar mengalami gangguan jiwa Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ), perlu mendapatkan perawatan lebih lanjut secara intensif.

Maka pihak dari Puskesmas Sumakul yang diwakili oleh Program pengelola Jiwa saudara Saiful,  Babinsa desa Sumakul Serma Andik H, Babinkamtibmas Brigadir Masimin, Perangkat desa bapak Yudianto serta keluarga korban ibu Latri secara bersama – sama mengantarkan pasien an ibu Asti Wulandari usia 53 Tahun untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut di RSJ Dr. Radjiman Sumber Porong Lawang.

Sampai RSJ Dr. Radjiman Sumber Porong Lawang di lanjutkan daftar di laboratorium  lagi dan positif dinyatakan mengalami gangguan jiwa selanjutnya pasien secara resmi menginap di RSJ Dr. Radjiman Sumber Porong Lawang, pendampingan ODGJ selesai dan kembali ke kediaman masing – masing.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here